Hi, Passioner!

Our Products

Close

Search Product

Mengintip 7 Struktur Organisasi Wedding Organizer dan Tugasnya yang Penting dalam Kesuksesan Pernika

struktur organisasi wedding organizer dan tugasnya

Siapa yang lagi bingung cari wedding organizer (WO) untuk acara pernikahan? Di masa sekarang ini, profesi mereka tuh amat penting, terutama kalau kamu terlalu sibuk menyiapkan berbagai persiapan dan printilan lainnya.

Kalau kamu perhatikan, WO itu terdiri dari beberapa crew yang berkoordinasi untuk mewujudkan satu proyek pernikahan. Nah, para crew ini punya tugas masing-masing. Diamond&Co mau nge-breakdown hal spesifik ini lho kali ini. Yuk simak!

Baca juga: Wedding Organizer: Menyelami Tugas dan Tanggung Jawab serta Hal yang Berkaitan Lainnya 

Beberapa Struktur Organisasi Wedding Organizer Dan Tugasnya

Pemetaan struktur organisasi dalam sebuah WO itu dibuat sesuai dengan keahlian dan keterampilan orang per orang. Tujuannya, biar pelayanan dan pengerjaannya lancar dan bisa memenuhi keinginan klien. Nah, ini dia beberapa struktur organisasi dan tugasnya!

1. Tim Planner

Tim planner itu selalu sibuk paling awal. Dia akan berhadapan langsung dengan klien dan berdiskusi tentang rencana pesta pernikahan. Planner ini akan mencatat keinginan dan kebutuhan klien, mencarikan vendor yang cocok, seperti vendor dekorasi, dan lain-lain.

Selain itu, mereka juga memberikan saran dan pertimbangan atau rekomendasi biar kamu punya pesta yang berkesan dan akan jadi kenangan baik nantinya.

2. Bagian Konsumsi

Crew yang mengurusi konsumsi itu jadi bagian kedua dari info struktur organisasi wedding organizer dan tugasnya. Di Indonesia, mereka yang bertugas di bagian ini bertanggung jawab pada penyediaan piring dan alat makan.

Lalu, mereka juga menawarkan food testing agar menu yang dipilih sesuai dengan selera tamu undangan. Ada dua jenis makanan yang ditawarkan, yaitu makanan utama dan makanan penutup, plus minuman.

Pas hari-H, crew di bagian ini menjaga stand prasmanan atau pondok makan. Mereka memastikan stok makanan di meja tetap tersedia, sehingga tidak ada tamu yang tak kebagian makanan.

3. Pendamping Pengantin

Pendamping pengantin adalah bagian dari struktur organisasi wedding organizer yang punya peran krusial. Tugasnya sederhana tapi esensial, yaitu menemani pengantin sepanjang acara biar kebutuhan dan keinginannya terpenuhi.

Crew ini akan bersiap dari awal, mulai dari sesi makeup sampai pengambilan foto dan video di sepanjang acara. Tidak hanya itu. Para crew juga bakal bantu kebutuhan makan dan minum pengantin lho. Jadi, kalau ada kebutuhan lainnya, seperti menitip dompet atau ponsel, pengantin bisa mengandalkan crew pendamping pengantin.

Oh ya, kalau pengantin mengalami sesuatu yang tidak nyaman atau mengeluh akan sesuatu hal, bisa disampaikan pada para crew ini. Jadi, pengantin tinggal menikmati momen saja sepanjang acara berlangsung.

4  Penjaga Area Pelaminan

Penjaga area pelaminan itu penting lho. Crew yang mendapat tugas ini biasanya terdiri dari satu-dua orang saja, dan mereka akan memastikan area tersebut aman, dan alur acara berjalan mulus.

Apa sih tugasnya? Jadi, mereka itu mengatur biar segmen sungkeman, salaman dengan tamu, mengambil foto dan video berjalan dengan teratur. Pokoknya, crew ini bertugas biar semua segmen yang melibatkan area pelaminan terorganisir dengan baik.

5  Bagian Perlengkapan

Tim perlengkapan adalah tim yang tugasnya banyak. Mereka mengatur berbagai keperluan acara, seperti sound system, hiburan, photo booth, dan perintilan lainnya.

Sebelum hari-H, mereka juga mengecek dan mengawasi kerja vendor-vendor yang terlibat, dan memastikan semua sesuai dengan keinginan klien.

Jadi, dalam struktur organisasi wedding organizer dan tugasnya, bagian perlengkapan menjamin keberhasilan acara dari sebelum hari-H sampai acara berakhir.

6. Bagian Penerima Tamu

Crew penerima tamu dibutuhkan saat tamu undangan membludak atau ramai. Nah, di situasi begini, mereka akan melayani tamu, terutama tamu VIP agar mereka dapat pelayanan terbaik. Dari awal, mereka akan bersiap di pintu masuk, lalu mengarahkan para tamu dan membuat mereka nyaman.

7. Tim Mobile atau Leader

Ini informasi penting dari struktur organisasi wedding organizer dan tugasnya. Team mobile atau leader itu adalah bagian penting dari semuanya. Posisi ini dipegang oleh satu orang, tapi ia betul-betul paham akan tugas dan tanggung jawabnya.

Ia dituntut untuk skillfull dalam bidang apa pun dan mampu mengambil Keputusan di saat situasi tak terduga terjadi.  Ia akan berpindah-pindah tempat dan membantu divisi lain jika mengalami kesulitan. Tujuannya, agar semua terkoordinasi dengan baik, mulai dari awal acara, sampai sesi terakhir.

Selain itu, ia juga akan memastikan pengantin tidak kekurangan apa pun. Jadi, tanggung jawabnya terbilang besar, agar acara berjalan dengan lancar, aman, dan sesuai rencana.

Siapa yang Menjaga Cincin Nikah?

Nah, sebelum akad nikah, cincinnya dititipkan pada crew mana? Tenang saja, crew pendamping pelaminan dan leader akan menjaga cincin nikah agar bisa sampai di tangan kamu.

Sudah putuskan mau pakai cincin yang mana? Mencari cincin yang tepat itu perlu pertimbangan. Tapi Diamond&Co bisa bantu kamu temukan cincin terbaik untuk momen pentingmu. Consultant jewelry kami akan dengan senang hati memberi rekomendasi. Jadi, coba bisikan kriteria cincin nikah impian kamu.

Itu dia informasi Seputar struktur organisasi wedding organizer dan tugasnya. Semoga informasinya membantu! 

Back to Top